Sejarah Jamnas ku




Cerita Pendek
Tema : Pengalaman Seleksi Jamnas 2016
Penulis : Echa Annisa'ul Izzah (Komtingen Kota Malang / Teratai 2)
Assalamualaikum wr.wb
Halo kakak-kakak semua!!! 
Salam Pramuka!!! 
Saya disini akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti serangkaian kegiatan menuju Jambore Nasional 2016, yang akan diadakan di Cibubur, Jakarta.
Sebelum itu saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, nama saya Echa Annisa'ul Izzah, biasa dipanggil Echa. Saya lahir di Malang, 10 Juni 2001. Saat ini saya duduk dibangku sekolah menengah pertama, tepatnya di SMPN 2 Malang. Itu sedikit perkenalan yang dapat saya sampaikan. Sekarang saya akan menempati janji saya, untuk menceritakan pengalaman saya selama mengikuti serangkaian kegiatan menuju Jamnas 2016. 


Awalnya pada sekitar bulan Januari lalu, sekolah saya mendapatkan surat pemberitahuan dari Kwartir Cabang Kota Malang, yang berisi tentang kegiatan Seleksi Jamnas 2016. Seleksi tersebut diadakan di Kantor Kwarcab Kota Malang. Kemudian sekolah saya mengirimkan 2 putra dan 2 putri. Di 2 putri tersebut, salah satunya adalah saya. Pada saat saya ditunjuk sebagai salah satu perwakilan sekolah saya untuk mengikuti seleksi Jamnas 2016, saya sangat bangga. Namun disisi lain saya cukup merasa bingung, karena waktu untuk seleksi tersebut bentrok dengan lomba yang akan saya ikuti. Karena persiapan lomba yamg telah di persiapkan tersebut sudah hampir matang. Dan saya beserta tim saya yang akan mengikuti lomba tersebut sudah bekerja keras untuk menghasilkan hasil yang terbaik. Jadi saya juga sangat berat untuk meninggalkan lomba tersebut. Tempat lomba yang akan saya ikuti ini cukup jauh dari kota Malang, tepat nya di kota Blitar. Dengan ini saya merasa sangat bingung. Tetapi disisi lain, saya juga sangat ingin mengikuti seleksi ini, karena saya sangat excited dengan kegiatan Jambore Nasional ini, dan memang dari dulu saya sangat ingin mengikuti event seperti ini. Karena saya terinspirasi dari kakak kelas saya, yang pernah mengikuti Jambore Daerah. Dan seleksi ini, untuk Jambore tingkat nasional yang notabenya lebih tinggi tingkatan nya. Dan dilaksanakan nya hanya 5 tahun sekali. Itu semua yang membuat saya semakin berat untuk memilih kedua nya.
Setelah itu, seleksi Jamnas 2016 kwarcab kota Malang semakin dekat pelaksanaan nya. Seleksi tersebut diadakan pada hari Minggu, 24 Januari 2016. Dan pada hari Kamis, 21 Januari 2016 saya berangkat ke kota Blitar untuk tetap mengikuti lomba tersebut. Lombat tersebut dilaksanakan 22-24 Januari. Pada hari Kamis tersebut, saya berserta tim saya berangkat dari kota Malang pukul 8 malam. Sesampai disana sekitar pukul 11 malam. Saya efektif mengikuti lomba tersebut mulai hari Jum'at pagi dan Sabtu malam nya saya pulang ke kota Malang pada pukul 9 malam, bersama 3 kawan saya yang sama-sama mengikuti seleksi Jambore Nasional 2016. Kami sampai dikota Malang sekitar pukul 12 malam. Setelah itu kami istirahat dirumah masing-masing.
Pada ke esokan harinya, kami ber empat berkumpul disekolah jam 7 pagi. Kami menyiapkan alat dan bahan serta syarat-syarat untuk mengikuti seleksi Jamnas 2016. Kemudian kami berangkat ke kantor Kwartir Cabang Kota Malang untuk mengikuti seleksi tersebut. Di seleksi tersebut ada beberapa test yang akan di uji. Contohnya :
1) Pengetahuan Kepramukaan
2) Seni Budaya
3) Memasak
4) Wawancara
5) Pionering
6) PBB
Setelah kami mengikuti test-test tersebut, kami berempat berkumpul dan sharing sambil beristirahat. Lalu kami melaksanakan sholat berjamaah serta berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selagi menunggu waktu pengumuman. Setelah sholat itu, kami segera berbaris untuk mengikuti acara terakhir yaitu apel penutupan dan pengumuman peserta yang terpilih untuk berangkat Jambore Nasional 2016, ke Cibubur nanti.
Sebelum pengumuman dibacakan, kami berempat telah berjanji, siapapun yang akan terpilih nanti diantara kami berempat. Kami akan selalu mendukung dan membantu teman kami untuk melancarkan kegiatan Jamnas nya.
Setelah pengumuman satu persatu di bacakan, akhirnya hanya satu dari kami berempat yang terpilih untuk berangkat Jamnas 2016 ke Cibubur, Jakarta. Yaitu saya. Rasa haru, sedih, tawa dan bahagia berasa jadi satu. Dan ketiga teman saya memberi ucapan kepada saya, dan mendengarkan kata ucapan yang mereka sampaikan pada saya semakin haru rasa mendengarnya. Karena saya teringat perjuangan kami berempat sebelum mengikuti seleksi ini.
Kemudian Puslat Jamnas 2016 pertama kali dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Maret 2016. Saya mulai bertemu dengan teman-teman saya yang akan berangkat bersama ke Cibubur, Jakarta. Pada awalnya masih terasa malu-malu.
Pada pertemuan kedua, kami ada acara yaitu pembentukan regu. Dan saya berada diregu Teratai 2 kontingen Kota Malang. Diregu saya mempunyai 8 anggota.
Dan di puslat jamnas ini kami bukan hanya mendapat didikan dibidang pramuka saja, tapi disini kami juga diajarkan untuk memiliki rasa saling membantu dan menolong. Dan setelah beberapa pertemuan kami rasa itu memang benar-benar tumbuh. Dan rasa takut kehilangan mulai muncul antara satu sama lain. Kami semua menjadi semakin dekat. Dan sudah layaknya seperti keluarga. Bukan hanya sesama peserta saja kami merasakan seperti itu, tapi kepada kakak-kakak semua yang telah membimbing dan melatih kami sampai nanti di Jamnas 2016.
Ada salah satu puslat yang tidak akan bisa saya lupakan, mungkin bukan hanya saya saja, tapi semua peserta dan kakak- kakak. Pada waktu itu, salah satu kakak kami, yang bernama kak Ari. Beliau meninggal dunia pada 1 hari sebelum puslat tersebut. Beliau yang (sebenarnya pinkon kota Malang sekarang digantikan oleh kak Rini). Pada saat itu, saya sendiri cukup merasa sedih karena beliau juga telah memberi banyak motivasi yang memang benar adanya. Pesan terakhir beliaulah yang sampai saat ini selalu saya bawa sampai Jamnas 2016. Untuk menjadikan kontingen kota Malang dapat melaksanakan Jamnas dengan baik. Dengan pesan terakhir kak Ari kami semakin berpacu dan bersemangat untuk meraih cita-cita kak Ari dan membuat kak Ari bangga. 
Dan tidak terasa Jambore Nasional 2016 tidak akan lama lagi. Semakin tidak sabar saja segera bulan Agustus. Dan semakin bahagia saja menyambutnya.
Cukup sekian pengalaman dari saya, aslinya masih banyak sekali pengalaman saya yang belum saya tuangkan dari tinta ini. Ingin tahu lebih lengkap dan keseruan kegiatan saya lain nya ??? Sampai ketemu di Cibubur kawan kawan dan kakak kakak semuanya untuk mendengar ceritaku selengkapnya. Hehehe..
Wassalamuaalaikum.wr.wb
Salam Pramuka!!!