KEGIATAN PRAMUKA SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PEMUDA BANGSA YANG BERANI



STORY OPG 2015


Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang mengamalkan janji tri satya dan Dasa Dharma.Di antaranya adalah berani, bertanggung jawab, percaya diri, tolong-menolong, dll. Saat kegiatan pramuka diselenggarakan, para peserta dapat mengamalkan sikap yang ada pada janji pramuka. Sebelum dapat mengamalkan semua sikap dari seorang pramuka, terlebih dahulu harus ada pengenalan tentang arti pramuka.Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan tentang arti pramuka adalah kegiatan orientasi pramuka penggalang (OPG).Tidak lama ini, OPG diselenggarakan di SMP Negeri 2 Malang pada tanggal 24-25 Oktober 2015.Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 1 malam di akhir pekan, atau biasa yang disebut dengan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu).Yang menjadi peserta di kegiatan ini adalah kelas 7 SMP Negeri 2 Malang.
Pada awal acara sebelum apel pembukaan, para peserta dan tamu undangan harus mengisi daftar hadir dan menyerahkan barang wajib dibawa kepanitia. Setelah mengisi daftar hadir, peserta langsung menempati kavling yang disediakan oleh panitia sesuai nomor urut dan kelasnya masing-masing. Setelah semua peserta lengkap dan sudah bersiap diri, apel pembukaan dimulai pada jam 14.00 dan selesai pada pukul 14.30. Acara selanjutnya,adalah penampilan yel-yel yang ditujukan agar menarik hati para peserta untuk mengikuti kegiatan pramuka dan pengurus Dewan Galang Cakra Beswara.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ISHOMA (Istirahat, Shalat, Makan) dan ISHOMA berakhir pada pukul 19.00 . Tepatpukul 19.00, apel api unggun dibuka. Apel api unggun diisi dengan pembacaan Dasa Dharma versi bahasa Indonesia , bahasa Inggris dan bahasa Jawa. Api unggun telah dinyalakan dan seketika suasana yang dingin menjadi sedikit lebih hangat. Setelah itu, acara yang ditunggu-tunggu akhirnya dimulai.Kreatif, percaya diri, dan berani dibalut menjadi satu menjadi sebuah tampilan seni di depan semua orang. Para peserta, dimulai dari kelas A-J diwajibkan menampilkan sebuah yel-yel kelas.Acara ini sungguh menyenangkan! Semua tersenyum, tertawa, dan bahagia.Ada yang malu-malu kucing, ada yang berani seperti singa, ada yang lupa, dll.Setelah semua peserta menampilkan yel-yel masing-masing, waktunya Ambalan Cakra Beswara beraksi dengan tingkah lucu dan menghibur. Semua peserta tertawa keras melihat penampilan tersebut.
Waktu bergerak, tepat pada pukul 22.00 peserta mengikuti kegiatan KIM (Ketajaman Indera Manusia). Kegiatan ini adalah kegiatan beregu.Mebutuhkan kekompakan dan kerjasama yang baik.Peserta harus mengikuti jalur yang sudah diarahkan oleh panitia.Jalur itu dibagi dalam beberapa pos. Pos 1, yaitu pos penglihatan.Dilanjutkan pos 2, pos peraba.Peserta harus meraba barang yang disediakan, dengan keadaan mata tertutup.Dan menuliskannya pada selembar kertas, dalam waktu 10 detik.Pos 3, pos pendengar. Suara hantaman benda yang dijatuhkan dengan keras terdengar, walau mata tertutup rapat. Dalam waktu singkat, para peserta segera menulis suara yang didengarkannya. Melaju ke pos selanjutnya, pos pembau (pos 4). Panitia member bau yang berbeda pada setiap peserta.Dengancepat, para peserta menulis barang yang dibau.Pos terakhir, pos  perasa.Banyak rasa yang harus dirasakan oleh lidah peserta,dan menulis kembali seperti sebelumnya. Kegiatanini mengajarkan sikap disiplin, cepat, dan tangkas.Kegiatan KIM berakhir dengan rasa lelah peserta.Waktu menunjukkan pukul 23.30, waktunya peserta berlayar kepulau impian.Selamat malam!
Esok hari telah tiba kegiatan pertama di hari kedua akan segera dimulai, peserta dipersilakan untuk mengerjakan shalat Subuh, mandi, dan bersih diri. Kemudian seluruh peserta dan panitia berkumpul dilapangan dan melakukan senam bersama. Usai menyehatkan diri taklama kemudian waktu sarapan bersama telah tiba. Semua peserta melakukan bersama untuk mengisi energi kembali sebelum melakukan kegiatan seru lainya di hari kedua ini. Kegiatan masih berlansung dengan tertib. Saatnya untuk membersihkan kavlingnya masing-masing, dalam waktu 30 menit.Setelah semua lingkungan telah bersih,  seluruh peserta diajakuntuk bersenangsenang dengan prmaian yang sudah disusun oleh panitia. Tak terasa kegiatan seru ini berjalan begitu cepat kini Jam menunjukkan pukul 09.30, semua peserta membuat barisan perkelas dengan rapi untuk melaksanakan apel penutupan. Semua acara berakhir dengan lancer dan ditutup oleh pembina apel di pagi itu. Dan akhir acara disambut dengan berjabat tangan antara peserta, panitia, dan tamu.Semua peserta terlihat sangat senang dan menikmati acara ini.

SAYORNARA.... sampai ketemu dicerita Orientasi Pramuka Galang ditahun depan ..