SANGGRAPALAWA OPEN 2016


SANGGRAPALAWA OPEN 2016 merupakan ajang perlombaan bagi pramuka penggalang se-Jawa Timur tingkat SMP/MTs sederajat. Gerakan Pramuka Gugus depan Kota Blitar 01015-01016 SMA Negeri 3 Blitar pada tahun 2016 menyelenggarakan kegiatan SANGGRAPALAWA OPEN 2016 dimana kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan 2 tahun sekali dan sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 hingga saat ini. Ajang perlombaan ini diadakan oleh Dewan Ambalan Arssmaga Kota Blitar di SMA Negeri 3 Blitar, pada hari Jum’at s/d Minggu: 22-24 Januari 2016.
Pramuka SMP Negeri 2 Malang mendelegasikan 4 regu yang terdiri atas 2 Pa dan 2 Pi. Regu tersebut, yaitu Semut Merah, Mawar Merah, Semut Hitam, dan Anggrek Hitam, yang terdiri dari 2 regu kelas 8 sebagai tim utama dan 2 regu kelas 7 sebagai tim ke 2. Pada hari Kamis, 21 Januari 2016 kami berangkat ke SMAN 3 Blitar pada pukul 18.15 WIB dengan menggunakan transportasi truck tentara dari Armada Yon Bekang 2 Divif 2 Kostrad. Sesampainya di sana pada pukul 22.53, kami segera beristirahat. Tetapi, sebelum itu kami harus memindahkan barang yang berada di truck untuk dipindah ke Base camp.
Pagi hari yang cerah telah tiba, hari ini hari Jum’at; 22-01-2016. Proses daftar ulang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Setelah daftar ulang, pendirian tenda berlangsung selama 3 jam hingga pukul 11.00. Cuaca yang sangat cerah dan suhu udara yang sangat panas menjadikan kami untuk tetap semangat dan menyesuaikan diri dengan suhu yang sangat berbeda dengan kota Malang kami.
Pukul 11.00 waktunya untuk melaksanakan ibadah sholat jum’at. Perlombaan sesi  pertama dimulai pada pukul 14.00 dan selesai pada pukul 17.00. Setelah ibadah sholat maghrib kami mempersiapkan untuk lomba berikutnya yaitu drama musikal. Disini kami menampilkan drama musikal dengan tema “Indonesia Future in Our Hands”. Kami tampil dengan nomor urut 1. Oleh karena itu, kami harus segera bersiap – siap setelah sholat magrib. Perlombaan drama musikal dimulai sekitar pukul 19.00. Para penonton sudah berkumpul ditempat perlombaan. Kami berusaha tampil dengan semaximal mungkin. Setelah perlombaan selesai kami mengabadikannya dengan berfoto bersama. Kemudian kami segera berganti baju dan menuju ke musholla untuk melaksanakan ibadan sholat isya kemudian kami menuju bumi perkemahan untuk beristirahat, karena besok masih ada perlombaan yang harus diselesaikan.
Hari sudah pagi. Hari ini hari Sabtu, 23 Januari 2016. Kami bangun pada pukul 03.00. Sholat tahajud dan shubuh berjamaah kami lakukan bersama-sama di masjid yang berada di area perlombaan, Setelah itu, kami bersih diri dan segera untuk sarapan. Lomba berikutnya yaitu PBB, FBB, kolone tongkat, dan yel-yel untuk sesi pertama, dan beberapa lomba la. Sungguh luar biasa bukan. Perlombaan tersebut dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 11.00. Perlombaan tersebut dilakukan secara beruntut. Akhirnya, perlombaan ini telah kami selesaikan dengan lancar dan maksimal. Kami beristirah sejenak dengan makan siang dan sholat untuk mengembalikan stamina yang sempat hilang. Tidak lama lagi perlombaan akan dimulai lagi. Sekitar pukul 14.00. Lomba yang kita lakukan kali ini yaitu dongeng, gunungan, pioneering, poster, dan carving fruit. Untuk sesi selanjutnya yaitu senam aerobic dan CC babak dua yang dimulai pada pukul 16.00. Hari mulai malam adzan magrib mulai dikumandangkan, kami segera menuju masjid untuk melakukan ibadah sholat magrib. Pada pukul 19.00 lomba selanjutnya dimulai yaitu lomba akustik, Pada saat itu juga kakak kami datang dari Malang untuk memberi dukungan. Kami senang karena kami diberi dukungan oleh kakak kami. Setelah acara hari sabtu itu selesai kami bergegas untuk bersih bersih diri. Sesudah bersih bersih diri . kami bergegas ke tenda untuk tidur. Pagi hari terakhir lomba kami, tidak berputus asa dan berjuang . sebelum subuh kami bersih diri dan ibadah. Sesudah itu kami mempersiapkan diri untuk lomba pbb musik. Kami mendapat no urut 1. Kami deg degan karena ini hari terakhir. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah kami.
Pbb musik telah usai, kami beristirahat dan mempersiapkan lomba selanjutnya yaitu duel specta. Lomba tersebut dimulai sekitar pukul 10.00  Di lomba ini terdiri dari sekitar 15 pangkalan. Sistem lomba tersebut yaitu setiap babak terdiri atas 2 sesi, sesi pertama peserta A diberi waktu 2 menit untuk menampilkan yel yelnya. Setelah 2 menit selesai peserta B diberikan waktu 2 menit untuk menampilkan yel yelnya. Sesi 2 belangsung sama. Dan system penilaiannya menurut selera juri, juri terdiri atas 5 orang juri yang mengangkat benderanya paling banyak itulah pemenangnya. Pemenang dalam babak tersebut lanjut ke babak selanjutnya dari tim yang lain.
Setelah melewati seluruh sesi, alhamdulillah kami mendapatkan juara 3. Lomba tersebut berakhir pukul 13.00 kemudian kami melaksanakan ishoma. Sambil menunggu apel penutupan.  Apel penutupan dan pengumuman berakhir sekitar pukul 17.00, lalu kami segera berkemas dan mempersiapkan diri untuk kembali ke kota tercinta kota Malangkucecwara dengan membawa sedikit oleh-oleh juara 2 yel putri dan  juara 3 duel spektakuler pangkalan.